blue;">

Jumat, 30 Maret 2012

Manfaat Toko Online

Pada saat artikel ini saya buat, yang namanya Toko Online semakin marak saja khususnya di tanah air kita ini. Para penjual baik itu distributor, reseller, atau bahkan penjual biasa sudah mulai beralih menjajakan produk barang dagangannya kepada calon pembeli melalui media internet. Hal ini tidak terlepas dari semakin mudahnya masyarakat dalam mengakses fasilitas internet sehingga pengguna internet pun dari hari ke hari semakin banyak jumlahnya. tidak hanya itu pada saat ini masyarakat sudah mulai paham tentang penggunaan media internet khususnya dalam transaksi jual beli di dunia maya atau secara online di toko online.
Bagi seorang penjual produk sudah sepatutnya mengambil peluang ini untuk meningkatkan volume penjualannya, sehingga kita tidak hanya berjualan di dunia nyata, tetapi juga dapat menawarkan produknya di Dunia Online (dunia maya). Jadi tunggu apa lagi segera membuat toko online.

Apa saja sebenarnya keuntungan-keuntungan atau manfaat yang dapat kita peroleh jika kita memiliki Toko Online? Di sini saya akan sharing tentang 3 (tiga) alasanpokok kita harus buka Toko Online sekarang juga sehingga kita memperoleh keuntungannya :

1. Cost Minimize

Barangkali ada diantara kita yang pernah menyewa sebuah ruko untuk jualan dagangannya, memasang iklan di media cetak/media elektronik, atau merekrut beberapa karyawan ? Berapa besar biaya yang kita keluarkan tiap bulan atau tiap tahunnya ? Jangan berputus asa ! solusi nyatanya adalah Buat Toko Online ! Kok bisa ?

Rekan-rekan sekalian, dengan kita memiliki Toko Online maka kita bisa memangkas biaya-biaya seperti biaya sewa ruko, biaya promosi, biaya operasional, dan lainnya.

- Sewa ruko biasanya dilakukan ketika kita berdagang langsung di dunia nyata dengan menawarkan produk-produk kita langsung kepada para calon pelanggan. Harga sewa yang paling murah yang saya ketahui adalah sekitar 5 jutaan per tahun dan bahkan ada yang mahal sampai 20 jutaan per tahun dan mungkin ada yang lebih mahal dari harga tersebut (tergantung lokasi). Namun jika kita masih awal-awal dalam berbisnis dan belum ada modal uang yang memadai, maka hal ini bisa kita substitusi (kita ganti) dengan membuat Toko Online serta menyewa domain dan hosting yang harganya sekitar 200 ribu – 500 ribu per tahun (tergantung jenis domain dan kapasitas hosting).

- Dalam memperluas pangsa pasar biasanya kita coba mempromosikan usaha kita, baik di media cetak (koran, tabloid, majalah, dan sejenisanya) maupun di media elektonik (radio dan televisi). Sebenarnya kita bisa mempromosikan usaha kita melalui media internet baik yang Free maupun yang Commercial. Untuk yang gratis kita bisa menggunakan Social Media (Facebook dan Twitter), Optimasi Search Engine (Google dan Yahoo), Blog Walking, dan sebagainya.

Setelah beberapa hari yang lalu saya memaparkan alasan pertama mengapa kita harus punya Toko Online, yakni untuk Cost Minimize. Nah, berikutnya adalah akan saya paparkan alasan-alasan lainnya (2 alasan) mengapa kita harus punya Toko Online sekarang juga. Berikut uraiannya :

2. Penghematan waktu (Time Efficiency)

Coba anda bandingkan jika anda hanya memiliki Toko Offline (Ruko dan sejenisnya). Biasanya pada toko offline, anda mulai membuka pada jam 08.00 dan tutup pada jam 21.00, artinya kita tidak buka 24 jam dan walaupun buka 24 jam maka akan menambah biaya lagi (biaya listrik, biaya karyawan lembur, dan biaya-biaya lainnya).

Lainnya halnya dengan kita memiliki juga sebuah Web Toko Online (eCommerce) yang hanya investasi Domain dan Hosting dan sedikit pemberian uang untuk jasa pembuatan toko online, tetapi kita bisa tetap bisa berjualan online selama 24 jam di internet, juga tidak report karena hanya menunggu pesanan dari SMS, telepon, email, atau pun chatting. Itulah kelebihan Toko Online yang bisa meminimalkan waktu karena kita tidak harus menunggu 24 jam sedangkan produk-produk kita bisa di pajang 7 hari x 24 jam Non Stop.

3. Jangkauannya super luas

Mengapa dikatakan "jangkauannya super luas"? Ya, karena salah satu kelebihan teknologi internet adalah tidak mengenal jarak. Jadi, orang-orang yang ada di luar Indonesia bisa mengakses informasi yang ada di Web Toko Online kita. Sebagai contoh, ada sebuah web site toko online dari Cikarang yang menjual pakaian tetapi sudah memiliki pelanggan dari luar kota Cikarang (Palembang, Surabaya, Bali, dan sebagainya) atau bahkan Luar Negeri seperti Malaysia, Singapura dan sebagainya.

Nah itulah internet, selain tidak mengenal waktu, juga tidak mengenal jarak. Karenanya apa-pun produk kita yang memiliki nilai jual dapat kita promosikan dan kita pasarkan sampai ke seluruh dunia.Jadi Tunggu apa lagi? segera miliki Website Toko online segera!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

pengunjung online

Open Cbox

Twitter

Pengikut

 

ans!!